SEPENGGAL KISAH DI BALIK PAKETMU

2020-07-17 17:34:24

Banyak dari kita yang bertanya-tanya, setelah paketmu diantarkan atau didropship ke kantor kami, dan kamu menerima resi, lalu apa yang terjadi pada paketmu selanjutnya? Nah, berikut kami sampaikan sekilas perjalanan paketmu yang telah dikirimkan kepada kami.

Setelah paketmu kami terima, pertama-tama kami akan menyiapkan beberapa dokumen pengiriman, seperti yang tertera di bawah ini:

1. Resi atau House AWB atau Connote, yang berisi keterangan data pengirim, data penerima, serta data barangmu.

2. Paketmu akan didata dalam packing list dan invoice, yang berisi tentang detail keterangan dan nilai jual barang di paketmu.

3. Paketmu juga akan didata dalam Shipper Declaration (jika diperlukan). Shipper Declaration merupakan surat yang menyatakan melanggar atau tidaknya isi paketmu sesuai dengan aturan keselamatan penerbangan.

4. Jika diperlukan, paketmu juga akan didata dalam Material Safety Data Sheet (MSDS). MSDS adalah lembar petunjuk yang berisi informasi bahan kimia, meliputi sifat fisika, kimia, jenis bahaya yang ditimbulkan, cara penanganan, tindakan khusus dalam keadaan darurat dan informasi lain yang diperlukan.

5. Khusus untuk barang-barang non General Cargo, diperlukan juga dokumen-dokumen penunjang lain untuk paketmu, seperti Document Fumigasi, Document V-Legal, Document Karantina, atau Document ATA Carnet.

Ketika dokumen-dokumen untuk paketmu telah siap, maka paketmu akan masuk dalam packing list invoice untuk pengajuan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) di Bea Cukai Indonesia oleh Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK).
Paketmu juga kami gabungkan menjadi satu manifest, yang berisi semua data isi paket yang akan diekspor, yang kemudian kami emailkan ke partner TLX di negara tujuan yang akan melakukan clearance import sesuai data di manifest tersebut.

Setelah paketmu sudah mendapat clearance import dan sudah berada di gudang partner TLX, paketmu akan siap dikirimkan ke last mile alamat penerima masing-masing.

Perlu diketahui, agar proses ekspor, clearance, dan delivery paketmu lancar, kamu wajib memberikan informasi keterangan isi barang yang benar dan akurat untuk mempermudah kami mengatur proses ekspor paketmu. TLX akan selalu siap membantu produk-produk ekspor unggulan kamu semua, supaya produk-produk Indonesia dapat terus berjaya hingga ke mancanegara.

Kontak

PT. DOKUMEN PAKET EKSPRES (DPEK) BANDUNG

JL. RAJAWALI BARAT NO.85B BANDUNG 40184 INDONESIA
Phone: +62 22 20567573, +62 813-22-3000-21