5 Tradisi Menyambut Bulan Ramadan di Indonesia

2023-03-21 17:47:33

Bulan Ramadan adalah bulan yang suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Seluruh umat Muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa selama kurang lebih 29 hari. Selama menjalankan ibadah puasa, selain menahan lapar, umat Muslim diwajibkan juga untuk menjaga pikiran, perkataan, dan perbuatan mereka.

Setiap daerah di Indonesia memiliki beragam tradisi dalam menyambut bulan suci Ramadan. Tradisi tersebut dilaksanakan turun temurun dengan terpelihara. Berikut adalah beberapa tradisi menyambut bulan Ramadan di Indonesia.

  1. Munggahan
    Munggahan adalah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Sunda dalam menyambut bulan Ramadan. Biasanya seminggu sebelum bulan Ramadan, masyarakat Sunda akan berkumpul bersama untuk sekadar silaturahmi dan berdoa bersama. Tidak jarang, munggahan juga dilengkapi dengan acara makan-makan bersama.
  2. Padusan
    Masyarakat Boyolali menyambut bulan Ramadan dengan cara mandi di laut atau di sumber air yang dianggap kramat oleh masyarakat Boyolali. Mereka beramai-ramai menuju sumber air karena kepercayaan mereka bahwa air dapat menyucikan diri sebelum masuknya bulan Ramadan.
  3. Megibung
    Mayarakat Muslim Bali menyambut Ramadan dengan Tradisi Megibung menjelang bulan puasa. Acara makan diselingi dengan obrolan ringan ini telah menjadi budaya yang berasal dari Karangasem, Bali. Megibung juga diartikan sebagai makan bersama dalam satu jamuan makan satu porsi nasi dan lauk pauk yang akan dimakan oleh sekitar 4-7 orang.
  4. Malamang
    Masyarakat Minangkabau, Sumatra Barat, akan merayakan hari-hari penting keagamaan untuk menyambut bulan Ramadan. Selain itu, masyarakat Minangkabau juga merayakannya dengan membuat lamang atau lemang yang terbuat dari ketan, santan dan garam.
  5. Dandangan
    Tradisi di tanah Jawa dalam menyambut bulan Ramadan berbeda-beda. Di Kudus, Jawa Tengah tradisi Dandangan sudah ada sejak 400an tahun yang lalu. Acara pesta rakyat iniselalu dihadiri oleh masyarakat Kudus dan sekitarnya. Dandangan digelar dengan pasar malam yang menjual berbagai kebutuhan ruah tangga.

Semarak menyambut bulan Ramadan di Indonesia begitu beragam. Tentunya setiap bulan Ramadan jadi momen yang tepat untuk para Muslim berkumpul maupun memakan makanan yang beragam. Untuk kalian yang berada di luar negeri dan merindukan makanan Indonesia, dan belum sempat untuk kembali ke Indonesia, atau orang terdekatmu berada di luar negeri, kalian bisa kirim via TLX, lho.

Gampang banget tinggal request pick up via WA, hadiah spesial kamu bakal diterbangin dan dikirim sampai alamat di negara tujuan dengan CEPAT & AMAN...

Klik DI SINI untuk request free pick up atau tanya-tanya soal pengiriman paket ke luar negeri ya!
 

Kontak

PT. DOKUMEN PAKET EKSPRES (DPEK) BANDUNG

JL. RAJAWALI BARAT NO.85B BANDUNG 40184 INDONESIA
Phone: +62 22 20567573, +62 813-22-3000-21