Perhatikan 3 Hal ini Sebelum Kirim Tembakau ke Luar Negeri

2023-06-27 14:36:38

Halo, Sahabat TLX!

Sebagai negara-negara yang terlibat dalam perdagangan internasional, Indonesia dan Kamboja memiliki hubungan perdagangan dalam berbagai sektor, termasuk tembakau. Hubungan perdagangan antara kedua negara ini dapat melibatkan ekspor dan impor produk tembakau, atau bahkan investasi di industri tembakau. Namun, dalam melakukan ekspor tembakau ke luar negeri, perlu diperhatikan beberapa hal penting dalam pengiriman, antara lain:

  1. Kelengkapan dokumen pengiriman
    Tembakau termasuk ke dalam bahan kimia yang mengandung nikotin.  Dokumen-dokumen rincian kandungan tembakau dapat membantu otoritas negara yang dituju mengetahui kandungan di dalam tembakau. Contohnya adalah dokumen MSDS (Material Safety Data Sheet) sebagai dokumen penting yang memberikan informasi rinci terhadap bahan kimia. Karena setiap negara memiliki regulasi yang berbeda-beda mengenai izin ekspor dan impor. Maka dari itu dokumen seperti MSDS dan izin ekspor dari sisi pengirim maupun izin impor dari sisi penerima adalah hal pertama yang perlu diperhatikan. 

  2. Cara packing tembakau ke luar negeri
    Karena tembakau digolongkan sebagai bahan kimia, maka proses pengemasan harus sesuai dengan prosedur pengiriman bahan kimia, yaitu:

    • Kemasan yang sesuai: Pastikan bahan kimia dikemas dengan benar dan sesuai dengan persyaratan internasional untuk pengiriman bahan kimia. Gunakan wadah yang tahan terhadap kebocoran, tahan terhadap benda tajam, dan tahan benturan.

    • Bungkus dengan lapisan pelindung: Penggunaan bubble wrap sangat direkomendasikan, untuk menambah keamanan paket. 

    • Label dan tanda bahaya: Pastikan bahan kimia dilengkapi dengan label yang jelas dan sesuai dengan persyaratan internasional. Ini termasuk label bahaya, instruksi penggunaan, simbol bahaya, dan peringatan keselamatan yang tepat. Patikan label terlihat oleh petugas yang mengirim paket, agar mendapat perhatian khusus saat mengantar ke negara tujuan.

  3. Pilih metode pengiriman
    Pilih metode pengiriman yang sesuai dan aman untuk mengirim bahan kimia, seperti melalui jasa pengiriman yang berpengalaman dalam pengiriman bahan kimia. TLX merupakan jasa pengiriman paket ke luar negeri yang sudah berpengalaman melayani pengiriman tembakau ke luar negeri, salah satunya ke Kamboja hanya dalam waktu sekitar 7 hari saja.

Untuk mempermudah Sahabat TLX mengirim paket tembakau ke Kamboja, TLX memberikan pelayanan yang membantu dalam proses pengiriman, jadi enggak perlu khawatir ribet, cukup gunakan pelayanan TLX!

Buat Sahabat TLX yang mau kirim tembakau ke luar negeri, bisa kirim via TLX loh! Gampang banget tinggal request pick up via WA, paket tembakau bakal diterbangin dan dikirim sampai alamat di negara tujuan dengan CEPAT & AMAN.

Klik DI SINI untuk request free pick up atau tanya-tanya soal pengiriman paket ke luar negeri!

Kirim Paket ke Luar Negeri?
TLX aja!

Kontak

PT. DOKUMEN PAKET EKSPRES (DPEK) BANDUNG

JL. RAJAWALI BARAT NO.85B BANDUNG 40184 INDONESIA
Phone: +62 22 20567573, +62 813-22-3000-21