Cara Aman Kirim Bonsai ke Luar Negeri

2023-05-05 17:11:16

Halo, Sahabat TLX! Kalian suka memelihara tanaman di pekarangan rumah? Nah, salah satu tanaman yang sedang diminati banyak kalangan saat ini adalah tanaman bonsai. Tanaman bonsai menjadi salah satu hobi yang banyak digemari saat ini. Di Indonesia sendiri tidak sedikit penggemar tanaman bonsai serta penghasilnya. Contoh daerah pembuat tanaman bonsai adalah Sukabumi. Banyak juga masyarakat Indonesia yang mengirimkan tanaman bonsai ke luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

Tahukah kamu? Mengirim tanaman bonsai ke luar negeri memerlukan persiapan khusus agar tanaman bonsaimu sampai di alamat tujuan dalam kondisi yang baik dan aman. Berikut adalah beberapa tips mengirim tanaman bonsai ke luar negeri yang bisa diikuti:

  1. Siapkan bahan kemasan yang kuat dan aman, seperti pemilihan kotak. Gunakan perlindungan ekstra seperti memilih kemasan kayu yang kuat namun ringan sebagai pelindung tanaman bonsai yang ada di dalam kotak.
  2. Mulailah mengemas tanaman bonsai dengan baik. Tanaman bonsai harus dikemas dengan diberikan keamanan agar tidak terjadi kerusakan pada tanaman bonsai. Pastikan agar tanaman bonsai tidak bergerak-gerak di dalam kemasannya. Anda bisa menggunakan tali untuk menahan pot di dalam kemasan.
  3. Pastikan untuk menjaga kelembaban dari tanaman bonsai. Pengiriman dengan jarak jauh memerlukan waktu yang lama. Perubahan suhu berbagai negara, mampu memengaruhi kualitas kehidupan bonsai. Setelah memastikan kelembabannya, gunakan kayu untuk perlindungan extra di luar kemasan.
  4. Terakhir, pastikan posisi paket tidak terbalik untuk menjaga keutuhan pohon bonsai.  Pastikan kembali bahwa tanaman bonsai tidak bergerak atau goyah di dalam kotak. Tambahkan catatan (bisa berupa stiker atau cetakan kertas lalu dilakban menunjukkan tanda panah ke atas) di luar kotak agar para kurir memerhatikan posisi kotak tidak terbolak-balik selama pengiriman.

Buat kamu yang mau kirim tanaman bonsai ke Malaysia, bisa kirim via TLX lho. Caranya gampang banget! Tinggal request pick up via WA, tanaman bonsai kamu bakal diterbangin dan dikirim sampai alamat tujuan di Malaysia dalam waktu hanya 2-5 hari kerja saja setelah terbang dan dijamin AMAN lho…

Kamu bisa konsultasi lebih lanjut terkait regulasi (termasuk bertanya perihal keperluan Phytosanitary Certificate atau Sertifikat Kesehatan Tumbuhan) serta cara packing yang aman. Tim TLX sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun di dunia kurir ekspor, keamanan paket bonsaimu adalah prioritas kami.

Klik DI SINI untuk request free pick up atau tanya-tanya soal pengiriman paket ke luar negeri ya…

Kirim Paket ke Luar Negeri?
TLX aja!

Kontak

PT. DOKUMEN PAKET EKSPRES (DPEK) BANDUNG

JL. RAJAWALI BARAT NO.85B BANDUNG 40184 INDONESIA
Phone: +62 22 20567573, +62 813-22-3000-21