SYARAT DAN KETENTUAN PENGIRIMAN

2022-11-03 15:45:27

 

1. Definisi

    TLX adalah suatu perusahaan yang salah satu kegiatannya adalah memberikan jasa pengantaran/pengiriman dokumen dan/atau barang. Pengirim adalah pengguna layanan TLX untuk pengiriman barang atau dokumen yang memiliki hak milik atas kiriman selama kiriman belum diserahkan kepada penerima.

2. Pemeriksaan Kiriman

          2.1. Dalam melakukan pengiriman TLX berhak tetapi tidak berkewajiban:

               2.1.1. Memeriksa kesesuaian antara isi kiriman dengan informasi yang disampaikan oleh Pengirim terkait isi Kiriman.

               2.1.2. Menolak Kiriman yang dinilai tidak memiliki kelayakan kemasan sesuai dengan kebijakan standar TLX dan peraturan perundangan yang berlaku.

               2.1.3. Menolak Kiriman yang tidak sesuai antara pernyataan isi Kiriman dengan isi fisik Kiriman. TLX tidak bertanggung jawab terhadap isi Kiriman yang tidak sesuai dengan keterangan yang diberikan oleh Pengirim, termasuk Kiriman yang dilarang atau melanggar peraturan perundangan, dan Kiriman yang didapat dan/atau digunakan untuk tujuan yang melanggar hukum.

          2.2. Pengirim wajib mencantumkan informasi data Pengirim dan Penerima pada kemasan Kiriman dengan lengkap dan benar (nama, alamat, kota, kecamatan, kelurahan, kode pos dan nomor telepon).

          2.3. Pengirim dan TLX sepakat bahwa apabila terdapat kerugian akibat kehilangan dan/atau kerusakan selama Kiriman berada dalam penahanan pihak Bea Cukai atau pejabat berwenang lainnya, hal tersebut merupakan semata-mata tanggung jawab Pengirim. Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini Pengirim membebaskan TLX dari tanggung jawab atas kerugian yang terjadi.

          2.4. Pengirim membebaskan TLX apabila terjadi keterlambatan, kehilangan, kerusakan dan/atau biaya yang timbul akibat kelalaian dan kesalahan Pengirim dalam memenuhi kewajibannya.

3. Kiriman yang Dilarang

          3.1. TLX tidak menerima dan berhak menolak untuk melakukan pengiriman atas Kiriman yang dilarang berdasarkan ketentuan TLX dan perundangan yang berlaku di Indonesia sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan RI No 9 Tahun 2021 tentang Kebijakan dan Pengaturan Ekspor, dan/atau barang lainnya yang menurut perundang undangan dinyatakan sebagai barang terlarang.

          3.2. Pengirim membebaskan TLX apabila terjadi kerugian dan/atau biaya yang timbul, termasuk tuntutan hukum yang diakibatkan karena kelalaian dan kesalahan Pengirim yang tidak mematuhi ketentuan.

          3.3. TLX berhak untuk segera mengambil langkah yang dianggap perlu, setelah mengetahui adanya pelanggaran terhadap ketentuan.

4. Jaminan Kepemilikan Kiriman

          4.1. Pengirim menjamin bahwa Pengirim merupakan pemilik yang sah dan/atau berwenang atas Kiriman yang diserahkan kepada TLX.

          4.2. Pengirim menjamin Kiriman yang diserahkan kepada TLX bukan termasuk Kiriman yang dilarang.

          4.3. Pengirim membebaskan TLX dari tuntutan pihak manapun atas pelanggaran jaminan kepemilikan Kiriman.

5. Asuransi

    Barang atau dokumen yang mempunyai harga/nilai di atas 1 juta rupiah disarankan untuk diasuransikan oleh Pengirim secara mandiri di luar kesepakatan dengan TLX.

6. Ganti Rugi

          6.1. TLX bertanggung jawab untuk mengganti kerugian yang dialami oleh Pengirim akibat keterlambatan, kerusakan, kehilangan, atau kesalahan dalam pengiriman yang timbul akibat kelalaian, sesuai nilai barang atau maksimal senilai 1 juta rupiah.

          6.2. Tanpa mengesampingkan ketentuan lainnya, TLX tidak bertanggung jawab terhadap kerugian dan konsekuensi yang timbul akibat kejadian di atas, tanpa dibatasi kerugian komersial, keuangan, dan kerugian tidak langsung lainnya, termasuk kerugian yang terjadi dalam pengangkutan atau pengantaran yang disebabkan oleh hal-hal di luar kemampuan pengawasan TLX atau kerugian tidak langsung lainnya, termasuk atas kerusakan akibat keadaan kahar dan sebab lainnya yang terjadi di luar kemampuan TLX.

7. Tata Cara Klaim

          7.1. Klaim atas Kiriman hanya dapat diajukan oleh Pengirim.

          7.2. Pengajuan klaim mengikuti seluruh ketentuan yang diatur oleh TLX, tidak terbatas pada dokumen-dokumen yang disyaratkan dalam pengajuan klaim.

          7.3. Batas waktu maksimum pengajuan klaim selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kalender, terhitung sejak pembuatan resi kiriman (connote).

          7.4. Pengajuan klaim tidak akan diproses apabila melebihi dari 30 (tiga puluh) hari kalender, terhitung sejak pembuatan resi kiriman (connote).

8. Legalitas Perusahaan

    TLX merupakan salah satu anggota (member No. 171) yang terdaftar di ASPERINDO (Asosiasi Perusahaan Nasional Pengiriman dan Pengantaran Barang Indonesia) dan tunduk pada ketentuan yang berlaku khusus Penyelenggara POS (berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia No. 38 Tahun 2009 tentang Pos)

Kontak

PT. DOKUMEN PAKET EKSPRES (DPEK) BANDUNG

JL. RAJAWALI BARAT NO. 89, BANDUNG 40184, INDONESIA

Phone: +62 22 20567573, +62 813-22-3000-21