Pentingnya Nomor Resi Bagi Pelanggan Toko Online Anda

2019-11-21 15:00:38

Nomor resi saat ini menjadi hal yang seringkali ditanyakan oleh pembeli ketika mereka berbelanja di toko online. Dengan perkembangan dunia teknologi dan internet, pembeli maupun penjual di toko online dimudahkan untuk melacak barang mereka.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai nomor resi, ada baiknya kita kupas tuntas dulu mulai dari hal yang paling mendasar, yaitu pengertian nomor resi.

Apa itu nomor resi? Kata ‘resi’ yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu tanda penerimaan secara tertulis (seperti surat, paket, uang kiriman, dan lain sebagainya). Bagi masyarakat Indonesia sendiri, istilah nomor resi sudah tidak asing lagi didengar semenjak masyarakat mengenal metode ‘belanja online’.

Dalam dunia ekspedisi, nomor resi merupakan nomor bukti pengiriman yang berasal dari jasa ekspedisi/logistik. Nomor resi umumnya berupa lembaran kertas dengan nomor seri tertentu.

Nah, sekarang sudah tahu kan, apa itu nomor resi? Setelah memahami pengertian nomor resi, Anda juga harus paham mengenai fungsi dari nomor resi tersebut.

Nomor resi berfungsi sebagai identitas paket dan merupakan bukti bahwa paket pesanan customer telah benar-benar dikirim oleh toko online.

Namun begitu, Anda juga perlu berhati-hati saat menerima nomor resi. Tidak jarang kita jumpai kasus customer diberi nomor resi palsu oleh penjual yang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, setiap melakukan belanja online, jangan pernah lupa untuk menanyakan nomor resi pengiriman paket.

Sekarang, saatnya kita masuk ke pembahasan inti seperti yang telah tertera pada judul artikel ini, yaitu pentingnya nomor resi bagi pelanggan.

Pemberian nomor resi merupakan hal yang tidak boleh disepelekan karena setiap customer sebenarnya memiliki hak untuk mendapatkan nomor resi ketika berbelanja online. Tujuannya adalah supaya pembeli (customer) tidak merasa was-was dan khawatir serta menangkal pikiran-pikiran negatif seperti ditipu dan sebagainya. Inilah salah satu dari arti pentingnya nomor resi bagi pelanggan (customer) toko online. Manfaat lainnya yaitu sebagai berikut:

1. Tanda bahwa paket telah dikirim

Dengan mengirimkan nomor resi kepada pembeli, maka Anda telah memberikan sinyal kepada pembeli bahwa pesanannya telah dikirim. Dengan begitu, pembeli akan merasa tenang dan aman. Anda sebagai pemilik bisnis / toko online tentu tidak ingin diteror oleh pelanggan terus, kan? Seperti “Kak, barang saya sudah dikirim belum?” atau “Kak, kira-kira barang saya sampainya kapan, ya?”

2. Melakukan tracking (pelacakan) barang

Setelah Anda mengirimkan nomor resi kepada pelanggan, ada baiknya Anda memberitahu pelanggan agar nomor resinya jangan sampai hilang. Beritahu pelanggan Anda bahwa dengan nomor resi tersebut, ia bisa melakukan tracking (pelacakan) untuk mengetahui lokasi barang yang ia beli. Hal penting lainnya yang perlu pelanggan Anda ketahui yaitu jangan sampai nomor resinya diketahui oleh orang lain, karena bisa disalahgunakan oleh orang yang memiliki niat tidak baik.

3. Mengetahui kondisi barang

Dalam beberapa kasus, terkadang terdapat kesalahan pengiriman barang. Hal ini bisa terjadi akibat kesalahan kurir dari jasa ekspedisi. Jadi, jika Anda mendapat keluhan dari pembeli bahwa barangnya belum juga sampai (belum diterima), Anda wajib melakukan cek resi pengiriman untuk mengetahui kondisi barang tersebut.

4. Meningkatkan kepercayaan customer

Setelah belanja onlinecustomer harus memilih jasa ekspedisi mana yang akan ia pakai. Customer tidak hanya memperhatikan tarifnya saja, akan tetapi mereka juga sangat memperhatikan profesionalisme suatu ekspedisi. Makin profesional dan berpengalaman kurirnya, maka akan semakin minim kesalahan yang bisa terjadi. Kesalahan seperti tujuan yang salah hingga estimasi waktu yang molor bisa dihindari.

Dengan fitur cek resi pengiriman, tingkat kepercayaan customer terhadap toko online Anda otomatis akan meningkat. Customer juga dapat turut memantau kondisi barangnya. Jangan sungkan untuk menghubungi jasa ekspedisi yang bersangkutan jika pelayanan tak sesuai dengan yang diinginkan.

5. Mengambil barang di ekspedisi

Nomor resi juga dapat digunakan oleh customer untuk mengambil barangnya di jasa ekspedisi. Sebagian customer kadang ada yang memilih untuk mengambil langsung paketnya ke kantor ekspedisi daripada menunggu kurir yang mengantarkan paketnya ke rumah. Alasannya tentu saja karena lebih cepat kalau diambil sendiri.

Customer yang telah paham dengan cara kerja nomor resi akan mengecek lokasi paketnya di website, dan ketika ia tahu bahwa paketnya telah sampai di kota tempat ia tinggal, ia akan langsung berangkat ke kantor ekspedisi di kotanya. Mungkin tipe-tipe customer seperti ini sudah tidak sabar dengan barang yang ia pesan, ya… Hehehe.

Setelah membaca pemaparan di atas, tentu Anda kini lebih sadar kan, tentang seberapa pentingnya nomor resi bagi customer Anda. Jangan lupa untuk langsung memberikan nomor resi kepada pelanggan, yaa! Pastikan mereka mendapatkannya setelah membayar lunas transaksi dan Anda telah mengirimkan barangnya.

Di lansir dari http://pluginongkoskirim.com

(JESEN)

Kontak

PT. DOKUMEN PAKET EKSPRES (DPEK) BANDUNG

JL. RAJAWALI BARAT NO.85B BANDUNG 40184 INDONESIA
Phone: +62 22 20567573, +62 813-22-3000-21